Wednesday, October 21, 2009

Video Capture Card Kelas Menengah

Video captur card


Untuk mentransfer/mengcapture video dari media analog ke harddisk dibutuhkan video capture card. Ada berbagai jenis video capture card, yang dapat dibedakan dari fasilitas koneksi yang ada :

IEEE 1394 Standar Capture Card
Video capture card inilah yang paling sederhana, karena hanya mendukung koneksi IEEE 1394. Kebanyakan PC belum memiliki koneksi ini, sehingga card ini sebenarnya hanya berfungsi untuk menambah konektor saja. Konektor ini digunakan untuk mengcapture format DV (Digital Video). Format ini sebenarnya sudah merupakan format digital dan dapat langsung disimpan di komputer lewat koneksi IEEE 1394.

Video Capture Card Kelas Menengah
Biasanya pada video capture card jenis ini terdapat koneksi tambahan berupa koneksi analog, bisa berupa S-Video atau Composite. Dengan video capture card ini kita dapat mengcapture video dari VCR. Beberapa video capture juga dilengkapi dengan input dari TV-Tuner sehingga kita bisa langsung mengcapture acara TV.

Real Time Video Capture Card
Merupakan video capture card yang ditujukan untuk kalangan professional. Video capture card jenis ini memiliki kemampuan untuk mendukung software video editing, sehingga transisi dan efek yang dibuat bisa dipreview secara real time. Hal ini disebabkan adanya perhitungan kompresi dan efek video dalam microchip yang terdapat di dalam piranti keras ini. Biasanya berharga mahal dan disertai pula dengan berbagai koneksi baik analog maupun digital. Kita juga dapat melihat hasil preview video menggunakan layar TV.

No comments:

Post a Comment