Friday, October 16, 2009

Cara Terbaik Import Blogger ke Wordpress hosting

Cara Terbaik Import Blogger ke Wordpress hosting


blogger to wordpress

blogger to wordpress

Bosan dengan blogger ? Kenapa tidak coba wodrpress saja..!

Banyak para blogger blogspot yang enggan pindah ke tempat lain seperti wordpress atau terpaksa menahan keinginan untuk pindah ke wordpress karena alasan link sudah tersebar luas, Pagerank sudah tinggi, atau memang tidak ingin pindah. Sebenarnya masalah-masalah seperti Pagerank sudah tinggi atau Rank Alexa yang sudah mulai mengecil itu tidak masalah jika kamu mempunyai domain sendiri dan untuk yang masih berdomain blogspot tentunya juga tidak perlu takut akan kehilangan pengunjung tetapnya :D . Ada 3 tahap yang wajib diketahui saat ingin mengimport semua posting blogger ke wordpress yaitu Membuat Wordpress, Mengimport Posting secara utuh ( URL, gambar, kategori, dll), dan yang terakhir tahap finishing (Pengalihan domain, mempebaiki format posting, dll).

Untuk tahap pertama saya anggap semua sudah mempunyai blog dari Wordpress (hosting maupun dari wordpress.com). Dan untuk tahap kedua yaitu mengimport posting dari blogger ke wordpress hosting ( bukan wordpress.com) itu yang sering menjadi masalah karena selalu gagal dan menampilan pesan seperti gambar dibawah ini.

could_connect

Sebenarnya wordpress sendiri menyediakan tools untuk mengimport semua posting dari blogger ke wordpress yaitu dengan melakukan tahapan seperti Klik Import >> Blogger >> Authorize . Tapi sayangnya cara itu hanya dapat berjalan jika kita menggunkan jasa dari wordpress.com bukan dengan wordpress yang kita hosting sendiri. Karena apabila cara diatas tetap dilakukan pada wordpress hosting maka pesan error seperti gambar diatas akan muncul dan sudah pasti import pun gagal.

Ada beberapa orang yang menyarankan untuk mengimport melalui RSS Feed. Cara ini memang berhasil tetapi ada satu kekurangan yang menurut saya cukup mengganjal yaitu gambar tidak ikut tampil pada hasil import.

Lalu dari sekian banyak pilihan pada tools import kita harus memilih yang mana karena tidak mungkin menulis ulang posting satu persatu beserta komentar yang sudah ada sbab itu akan memakan banyak waktu dan tenaga ??

import post

Berdasarkan pengalaman saya saat memindahkan blog ini ada satu cara yang paling baik yaitu dengan mengimport dari wordpress lagi. Berikut tahapan untuk lebih lengkapnya. ( Hanya untuk wordpress dengan tempat hosting sendiri )

  1. Buat terlebih dahulu wordpress blog di http://wordpress.com/
  2. Pastikan blog yang tadi anda buat dalam keadaan kosong atau Hapus semua Posting dan komentar yang ada pada blog wordpress.com
  3. Setelah wordpress blog (wordpress.com) siap untuk import maka kita klik Klik Import >> Blogger >> Authorize .
  4. Setelah itu akan muncul seperti iniakses_google
  5. Klik beri akses. Jika ada form login muncul maka login terlebih dahulu dengan account blog anda
  6. Pilih blog mana yang akan anda import lalu klik import.
    Kini semua posting dan komentar yang ada pada blogger telah terimport seluruhnya pada wordpress
  7. Karena kita ingin mengimport pada wordpress hosting bukan pada wordpress blog yang di wordpress.com maka perjalanan kita belum selesai sampai disini.

  8. Klik Export pada menu tools lalu klik Download Export File
  9. Sekarang saatnya kita login ke wordpress hosting kita lalu klik import
  10. Pilih Import wordpress ( berada pada list paling bawah)import wordpress
  11. Browse file yang kita dapat pada tahap 7 lalu klik upload file and import. Ingat Kapasitas maksimal yang diizinkan hanya sebesar 1.4 Mb jadi apabila lebih dari itu maka import akan gagal
  12. Import Selesai. Sekarang terserah anda blog wordpress yang anda buat dari wordpress.com kini bisa dihapus

Selesai Melakukan import posting dan komentar kini tinggal membetulkan format posting yang kadang sering error. Agar format url sama seperti blogger yaitu seperti ini

http://URLblogkamu.com/Tahun/Bulan/Judul-posting.html

Maka kita klik Permalinks pada menu setting. lalu pilih Custom Structure dan ketikan tulisan berikut

/%year%/%monthnum%/%postname%.html

Apabila saat menggunakan blogger anda sudah mempunyai domain sendiri maka sekarang anda dapat merubah server DNSnya pada wordpress tanpa harus kehilangan visitor. Lalu bagi kamu yang menggunakan blogspot.com karena saat ini mempunyai alamat yang berbeda maka alihkan semua pengunjung yang ada pada blogger ke blog kamu yang baru. Untuk cara pengalihan silahkan baca di Posting ini. Dengan cara itu maka setiap ada pengunjung yang datang pada blog lama akan langsung dialihkan pada blog baru anda.

Ok semoga bermanfaat..




No comments:

Post a Comment