Friday, October 16, 2009

Cara Pasang Alexa Widget di Blog

Mungkin buat Anda yang baru mulai membuat suatu blog, Anda akan merasa penasaran dengan apa yang di sebut dengan Alexa Rank atau sering disebut juga dengan Traffic Alexa, seperti yang terpajang di blog Info-Baru ini. Banyak orang yang membicarakan Alexa dalam tulisannya, sebenarnya apa sich alexa itu? Kalau menurut Mas Vavai di postingannya Tips meningkatkan alexa rangking di blog :
Alexa adalah website yang menjadi bagian dari Amazon.com dan menyediakan informasi mengenai trafik suatu website. Alexa rank dapat dijadikan gambaran mengenai jumlah pengunjung yang mendatangi suatu blog dan terekam oleh Alexa.
Alexa Certified Site Stats for www.info-baru.com
Lebih lanjut Mas Vavai juga menyebutkan klu beberapa situs seperti ReviewMe, Text Link Ads, Adbrite, Sponsored Reviews, menjadikan alexa untuk mengetahui data dari publisher mereka. Tentu saja data publisher akan dibutuhkan untuk menentukan apakah publisher yang mendaftar layak di approve atau tidak.

Ada perbedaan pendapat mengenai memasang Alexa Widget di blog/website bisa menaikkan rangking alexa blog/website. Sebagian bilang nggak pengaruh, karena memang tidak ada bukti atau catatan dari Alexa mengenai widget yang bisa mempengaruhi rangking alexa. Alexa memang nggak menyebutkan hal ini, rangking alexa sebuah website hanya berdasarkan data dari user yang menggunakan toolbar alexa.

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan peringkat/rank alexa salah satunya dengan memasang widget alexa di blog, berikut ini tutorial pasang widget alexa diblog.

Langkah-langkahnya:
  1. Login ke alexa.com

  2. Pada menu Developer's Corner , maka akan tampil seperti gambar berikut:



  3. Kemudian pilih Widgets



  4. Kemudian pilih salah satu Alexa Widgets yang Anda inginkan, akan tampil seperti gambar berikut :



  5. Masukan alamat URL Blog Anda , kemudian klick Build Widget:



  6. Pilih salah satu code Javascript, kemudian copy ke dalam website Anda :



  7. Selesai, Silahkan Anda Lihat hasilnya..!! Good Luck..!!



No comments:

Post a Comment